Troubleshoot Ubuntu 12.04 yang tidak bisa login GUI karena driver rusak

Suatu saat saya mengalami kejadian ketika hendak login ubuntu, tiba-tiba tidak muncul tampilan login seperti biasa


Tapi, yang muncul adalah konsole terminal, dan ketika saya coba switch ke mode graphics dengan ctrl+alt+F7 tetap tidak bisa masuk mode grafis. Tambahan saya menggunakan kartu grafis yaitu ATI RADEON HD6230.
 Awalnya saya coba googling dan menemukan suatu cara yaitu :

1. Kita coba tes dengan ketikan startx di console terminal
     
         # sudo startx

2.  Ketika ketikkan perintah di atas muncul blank screen, inilah awal mula 
      permasalahannya. kemungkinan driver vga card saya rusak ataupun corrupt.
3.  Setelah saya coba restart dan masuk lagi ke console terminal, kita coba install lagi 
      driver vga nya. Untuk ATI kita ketikkan
      #apt-get update
      # apt-get install fglrx
      #aticonfig --initial
4.   Kemudian restart ulang pc kita dan tadaaa...mode GUI kita kembali seperti 
      semula.

Selamat mencoba dan selamat berpetualang dalam dunia troubleshoot ubuntu. Ini hanya pengalaman saya itupun setelah hasil googling, mungkin banyak salahnya karena saya bukan praktisi ubuntu :).
 

 

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.