Tips Merawat Baterai Laptop

Di jaman serba mobile sekarang ini laptop merupakan suatu perangkat penting, dimana prinsip "mobile" laptop itu sendiri sehingga bisa dibawa kemana-mana. Salah satu komponen penting laptop adalah baterai dimana baterai pada laptop merupakan sumber daya bagi laptop itu sendiri. Bayangkan jika kita sedang berada di luar dan memerlukan laptop sebagai alat kerja kita sedangkan sumber daya listrik tidak ada satu-satunya yang kita andalkan bagi hidupnya laptop itu adalah baterai itu sendiri. Sebagai salah satu komponen penting laptop baterai juga ada saatnya rusak, namun untuk mencegah dan mengurangi resiko itu ada cara merawat baterai itu sendiri.

  1. Saat pertama kali beli laptop, charge baterai 8-10 ja, karena baterai yang jarang dipakai dalam jangka waktu lama sebaiknya di charge dulu.
  2. Setiap menggunakan laptop lebih baik charging battery dulu, (di charge terus meski sudah full) karena kebanyakan tipe baterai baru yang sekarang mempunyai Control Battery, artinya jika baterai sudah terisi penuh otomatis akan stop charging dan otomatis laptop menggunakan daya listrik langsung, juga untuk menghindari baterai soak dan kembung.
  3. Jangan menggunakan baterai dengan Charge Discharge (CDC) atau apabila baterai penuh cabut adaptor dan apabila baterai kosong, usahakan untuk tetap mengcharge battery walaupun sudah full karena memiliki Control Battery tadinya. Ini juga untuk mengurangi Cycle Count dari si battery tersebut.
  4. Baterai jangan dikalibrasi (mengosongkan baterai sampai 0%) karena bayak efeknya ke baterai yaitu Cycle count seperti diatas
  5. Jangan pernah BATERAI DILEPAS, apabila tiba-tiba listrik mati perangkat laptop terjadi konsleting (LCD,mobo,dll) dan mengakibatkan kerusakan pada hardware laptop. Selain Itu baterai juga mengontrol arus listrik yg masuk sebelum ke perangkat yg lain
  6. 5 menit sebelum memakai laptop charging  battery dahulu, 5 menit setelah laptop dimatikan baru cabut adaptor. Maksudnya memberikan daya yang stabil dari adaptor dan ketika setelah laptop dimatikan agar tegangan floating ke battery dan untuk cooling down saja.
  7. Saat menggunakan battery (portabel tanpa di charge) hindari main game, putar DVD/CD, grafis tinggi. Jika memang ada power listrik lebih baik dicharge saja.
  8. Pastikan suhu ruangan tidak panas karena berefek pada menurunnya performa baterai.  

Leave a Reply

Diberdayakan oleh Blogger.